Pertolongan pertama pada Anak ketika Demam dan Diare

Penulis Profile STO-Online Rabu, 02 Maret 2011











Mindset hidup bersih sangat ditekankan semenjak anak mulai mengenal lingkungan luar atau ketika mereka mulia bisa melangkahkan kaki pertama kalinya, diantara hal dasar yang perlu ditanamkan diantaranya mencuci tangan dan kaki seusai beraktivitas di luar rumah, apalagi ketika kita akan berhadapan dengan makanan, mencuci tangan hukumnya wajib, tapi kewajiban seperti ini hendaknya kita sebagai orang tua memberi contoh kongrit, bukannya anak kita bagaikan kertas putih bersih, jika kita menggambarnya dengan coretan indah maka bisa dipastikan hasilnya akan indah untuk dinikmati begitu sebaliknya, saya menganalogikan seperti itu karena di masa kanak – kanak hal apapun yang didengar, dilihat, dirasakan akan mudah ditiru oleh mereka.

Diare pada anak disebabkan beberapa faktor diantaranya :

  1. Peradangan pada Usus.

Usus besar pada tubuh berfungsi untuk menyerap sebagian besar air yang terkandung pada makanan, setelah diserap oleh usus besar, sisa atau ampas makanan yang berbentuk setengah padat (kotoran) akan dikeluarkan dari tubuh. Jika terjadi peradangan pada usus ini, maka fungsi usus besar akan terganggu.

  1. Kurang Gizi
  2. Keracunan makanan tertentu
  3. Tidak kuat atau alergi terhadap jenis makanan tertentu, misalnya makanan yang pedas, asam
  4. Virus atau bakteri

Jika kelima hal diatas terjadi pada buah hati kita maka bisa dipastikan anak akan mengalami demam pada tubuhnya, diantaranya tanda – tanda jika terjadi Demam pada tubuh anak kita :

  1. adalah naiknya temperature tubuh diatas normal.
  2. Temperature tubuh yang normal adalah sekitar 97F sampai 99F (36-37C).
  3. kenaikan suhu badan sampai 106F (41C) atau lebih.

Sebab demam dan reaksi tubuh jika anak demam :

  1. dapat merupakan pertanda reaksi tubuh terhadap kemungkinan suatu penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit yang tergolong berat.
  2. Demam akan menguras kalori dalam tubuh dan merusak jaringan tubuh.
  3. Serta berkurangnya cairan tubuh akibat keluarnya keringat sebagai suatu mekanisme pengaturan suhu tubuh.
  4. Keadaan yang biasa menyertai demam adalah muka merah, sakit kepala, mual, sakit di sekujur tubuh, nafsu makan berkurang atau tidak ada sama sekali

Penanganan jika anak kita mengalami demam :

  1. Kompres dengan air biasa
  2. Minum obat penurun panas sementara
  3. Minum air mengandung gula & garam/ air teh hangat/ susu encer, sesering mungkin untuk mengganti cairan tubuh yg hilang karena panas
  4. Jangan panik menghadapi kondisi anak kita yang sedang mengalami demam dan tetap tenang dalam menghadapinya
  5. Bila panas tidak turun dalam 1x24 jam segera bawa ke dokter

Beberapa hal diatas merupakan sebagian dari materi yang disampaikan pada Acara Diskusi Bersama dengan tema “ Pertolongan pada Anak ketika Demam dan Diare “, yang diselenggarakan pada tanggal 01 Maret 2011, jam 15.30 WIB di Rumah salah satu ibu PKK ( Ibu Wati ) di Dusun Glatik, Desa Glagah Sari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Acara ini dihadiri lebih kurang 60 peserta dari Ibu – ibu hingga Remaja Putri tampak antusias mengikuti acara diskusi tentang kesehatan yang diselenggarakan di lingkungan mereka.

Keseimbangan hidup merupakan kunci kesehatan yang mutlak, keseimbangan makanan, minuman, aktivitas dalam hidup, manajemen stres ketika mengalami masalah hidup dengan kunci SSIB ( Santai, Serius, Ikhlas, Berserah ). Kadang kita mengeluh jika diberi oleh Allah SWT sesuatu yang tidak kita harapkan harusnya kita mencari tahu rahasia dibalik itu, bukan mengeluh dan meminta yang lain, sebab pilihan dari kita belum tentu baik untuk kita, sedangkan pilihanNya merupakan yang terbaik untuk kita kalau kita mau memahaminya.

0 komentar

Posting Komentar

Surabaya-Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
Layanan STO (Layanan Stop Over) Layanan Mobil Perpustakaan Keliling yang Melayani 10 Stop Over diantaranya 5 Stop over Surabaya dan 5 Stop over Pasuruan, masing-masing tempat ada 2 team. Mobil Perpustakaan membawa koleksi buku yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan bahan bacaan Masyarakat, selain menyediakan bahan bacaan mobil perpustakaan juga mempunyai agenda kegiatan diantara Pemutaran Film, Softskill dan diskusi.

Kamus Online