Bermula dari need assessment dari masyarakat sekitar STO ( Stop Over ) Program Pustaka Sampoerna di Desa Pakukerto, maka didapat permintaan dari masyarakat untuk mengadakan pengenalan ketrampilan komputer tingkat dasar.

Pada hari, jum’at 04 Maret 2011 berlokasi tepat disamping Basecamp YPPI di Pasuruan yang berdiri sebuah warnet dengan terdapat 10 Personal Komputer , yang terletak di desa Bulukandang yang berhadapan dengan Balai Desa kelurahan tersebut pada pukul 15.30 hingga pukul 17.30. Masyarakat disekitar STO Pakukerto, diberi pembekalan pengenalan komputer tinggat dasar, diantaranya pengenalan terhadap program Microsof Office diantaranya MS Word, dan MS Excel, sedangkan tambahan lainnya diantaranya pengenalan terhadap Internet, diantaranya cara Browser di Google, pembuatan akun email baru, dan pendaftaran Facebook.

Antusias tampak dari cara para peserta yang serius mengikuti materi yang diberika oleh Tim YPPI, untuk pengenalan program MS Word, para peserta di beri tugas membuat surat yang sudah ada di modul yang telah diberikan oleh Trainer sebelumnya, mereka belajar dengan bentuk tulisan miring, tebal, garis bawah, tombol tab, cara penyimpanan data, dan pembuatan folder baru pada partisi yang ada di setiap Personal Komputer yang ada. Untuk MS Excel, para peserta dikenalkan bentuk table, mulai dari cara bolder hingga penjumlahan untuk menghitung keuangan yang sudah diarahkan melalui modul. Untuk Program Internet, para peserta lebih antusias ketika mereka bisa mencari artikel ataupun gambar yang mereka inginkan, melalui browser di Google, dari pada mereka yang harus di arahkan untuk membuat akun email baru dan mendaftar di Facebook.

Jumlah peserta yang hadir pada Training Komputer tingkat dasar kali ini, 24 peserta yang terdiri dari Dewasa, Remaja, dan Anak. Keberagaman tentan umur membuat perbedaan keinginan dalam belajar mengenal computer , hal ini bisa diatasi oleh trainer dengan memberi materi yang berbeda di waktu yang sama, dengan memberikan porsi yang sesuai dengan yang diminati para peserta pelatihan Komputer ini.

0 komentar

Posting Komentar

Surabaya-Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
Layanan STO (Layanan Stop Over) Layanan Mobil Perpustakaan Keliling yang Melayani 10 Stop Over diantaranya 5 Stop over Surabaya dan 5 Stop over Pasuruan, masing-masing tempat ada 2 team. Mobil Perpustakaan membawa koleksi buku yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan bahan bacaan Masyarakat, selain menyediakan bahan bacaan mobil perpustakaan juga mempunyai agenda kegiatan diantara Pemutaran Film, Softskill dan diskusi.

Kamus Online