Berkomunikasi yang Baik terhadap Anak

Penulis Profile STO-Online Senin, 07 Maret 2011

Pada hari Kamis, 3 Maret 2011 yang lalu, tim YPPI memfasilitasi pertemuan berupa diskusi di desa Dayurejo yang mengambil tema "Berkomunikasi dengan anak". Kegiatan tersebut diselenggarakan mulai pukul 14.30 hingga puku 16.30. Kegiatan rutin berkala yang diselenggarakan di lokasi layanan Stop Over (STO) tersebut memang ditujukan bagi warga atau komunitas dimana layanan STO biasa dilakukan.


Tema tersebut dipilih berkenaan dengan warga khususnya para ibu yang kebetulan tengah memiliki anak yang beranjak dewasa yaitu usia balita memang memerlukan pengetahuan dan ketrampilan bagiamana berkomunikasi dengan anak anak mereka secara efektif. Peserta adalah para ibu yang kebetulan pada hari tersebut tengah menemani putra puteri mereka yang sedang mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD),sehingga peserta diskusi adalah sangat tepat sasaran. Kegiatan yang difasilitasi oleh Wahyu Kurniawan yang merupakan anggota tim YPPI memandu diskusi tersebut. Materi dibuka dengan pertanyaan apakah para ibu atau orang tua sudah memiliki konsep atau rencana pola asuh yang akan diterapkan pada pengasuhan yang akan mereka lakukan? kebanyakan para hadirin menyampaikan bahwa mereka tidak memiliki konsep, sehingga mereka menjalankan pengasuhan anak mereka dengan berbekal naluri serta pembajaran atas polas asuk yang dulu mereka terima ketika mereka masih kecil. Fasilitator kemudian menjelaskan satu persatu tentang pola asuh yang mempertimbangkan aspek psikologi perkembangan anak.

Setelah itu, dibahas pula bagaimana pola komunikasi yang bisa dikembangkan selama melakukan pengasuhan anak. Para orang tua diminta untuk jeli dan terampil dalam mengkomunikasin berbagai hal kepada anak mereka, sehingga anak dapat memahami apa yang orang tua sampaikan dan inginkan. Ketika sesi tanya jawab, beberapa orang tuan beberapa pertanyaan antara lain :
  1. bagaimana mengatasi anak yang terlalu aktif dan bisa duduk diam?
  2. bagaimanakah mengatasi anak yang susah makan sayur?
  3. bagaimanakah mengatasi anak yang gampang muntah apabila melihat makanan yang tidak dia sukai?
  4. bagaimanakah anak yang suka membantah ketika disuruh mandi atau mengerjakan hal hal yang diminta oleh orang tuanya
diskusi diakhiri pada pukul 16.30 dan tak lupa peserta diskusi dimotivasi untuk terus melakukan peminjaman buka pada layanan STO tersebut.

0 komentar

Posting Komentar

Surabaya-Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
Layanan STO (Layanan Stop Over) Layanan Mobil Perpustakaan Keliling yang Melayani 10 Stop Over diantaranya 5 Stop over Surabaya dan 5 Stop over Pasuruan, masing-masing tempat ada 2 team. Mobil Perpustakaan membawa koleksi buku yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan bahan bacaan Masyarakat, selain menyediakan bahan bacaan mobil perpustakaan juga mempunyai agenda kegiatan diantara Pemutaran Film, Softskill dan diskusi.

Kamus Online